Rabu, 25 Agustus 2021

Gejala Dan Dampak GERD Yang Yang Jangan Disepelekan

Apakah Anda pernah mengalami hal seperti sering bersendawa dan juga gigi yang mudah keropos dan berlubang, jika iya itu bisa saja salah satu gejala dari penyakit asam lambung yang biasa dikenal dengan GERD ( gastroesophageal reflux disease ).

GERD adalah penyakit yang terjadi pada pencernaan yang membuat asam lambung yang berada di lambung naik kekerongkongan, dan dengan naiknya asam lambung di kerongkongan  biasanya penderitanya akan mengalami rasa seperti terbakar di bagian dada.

Akan tetapi terkadang sebagian orang juga suka salah mengartikan GERD ini dengan dengan serangan jantung atau jantung koroner karena rasa nyeri dari penyakit ini hampir serupa yaitu di bagian dada penderita.

Dan juga jika asam lambung naik biasanya dada terasa seperti terbakar dan kondisinya juga bisa jadi lebih parah, biasanya seperti setelah makan dan berbaring, dan juga bisa saja gangguan yang diterima oleh penderita GERD di sistem pencernaan seperti mual dan muntah,sendawa berlebih, sesak nafas,maag.

Dan keluhan yang bisa diterima oleh penderita GERD ini mulut terasa asam karena asam lambung yang naik, kemudian asam lambung yang naik pada penyakit ini terjadi karena otot kerongkongan bagian bawah ( otot LES ) kita melemah. Dan dalam keadaan normal otot kerongkongan bagian bawah ini seharusnya bisa berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan yang masuk ke dalam lambung.

Penyakit asam lambung yang naik ini GERD bisa terjadi pada siapa saja yang ingin penyakit ini ada pada tubuhnya, akan tetapi resiko lebih tinggi biasanya pada lansia, perokok aktif, orang yang kelebihan berat badan (  obesitas ), wanita hamil, dan orang yang memiliki kebiasaan buruk suka langsung berbaring setelah selesai makan.

Jangan anggap remeh penyakit asam lambung yang satu ini, jika tidak bisa saja menimbulkan masalah yang lebih serius lagi, jadi jika gejala yang sudah disebutkan di atas sudah terasa Anda harus lebih waspada, dan berikut beberapa dampak yang bisa terjadi jika sudah terkena penyakit GERD ini :

 

Gejala Dan Dampak GERD Yang Yang Jangan Disepelekan

1. Kerusakan Pada Gigi

Jika asam lambung yang naik ini terjadi bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan luar gigi yang keras ( enamel ) dan menyebabkan gigi akan mudah keropos dan berlubang

2. Tukak Esofagus
Penyakit asam lambung atau Gerd ini bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan esofagus, sehingga bisa terjadinya ulkus (luka) yang tidak tertahankan. Kondisi ini sering disebut juga dengan tukak esofagus. Gejalanya, seperti dada yang panas atau seperti terbakar, saat menelan terasa sakit, gangguan pencernaan, mual - mual, maag, dan feses yang berdarah.

3. Esofagus Mengalami Penyempitan
Dampak lain dari penyakit ini adalah munculnya peradangan, jaringan parut, atau tumbuhnya jaringan abnormal pada kerongkongan. Hal ini menyebabkan kerongkongan menyempit dan terasa kencang. Akibat yang bisa diterima oleh penderita akan merasakan nyeri atau susah saat akan menelan, makanan dan minuman sulit untuk masuk dari kerongkongan menuju perut, hingga nafas terasa sesak.

4. Barrett's esophagus.
GERD juga bisa memicu perubahan sel yang ada di lapisan esofagus. Persentase penderitanya bisa mengalami kondisi adalah sekitar 10-15%. Barrett‘s esofagus dan perlu ditangani dengan baik agar tidak menjadi kanker.

Dan itulah sedikit informasi yang mungkin berguna untuk anda mengenai dampak dan gejala GERD, semoga informasi ini berguna untuk Anda yang membacanya dan sampai jumpa.

Artikel Terkait

Gejala Dan Dampak GERD Yang Yang Jangan Disepelekan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email