Minggu, 04 April 2021

3 Masalah AC Sentral dan Cara Mengatasinya

Kerap kali pengguna AC sentral mengalami masalah yang seharusnya dapat dihindari dengan mudah. Karena dibiarkan terlalu lama, masalah menjadi semakin parah dan perlu penangan profesional. Sistem kerja AC sentral yang memakai satu kontrol untuk banyak ruangan, menyebabkan Anda cukup kesulitan jika komponen AC ada yang bermasalah. Permasalahan yang sering terjadi, yaitu AC tidak dapat dihidupkan, AC hidup tapi tidak dingin, dan mengeluarkan suara yang mengganggu.

3 Masalah AC Sentral dan Cara Mengatasinya

            Untuk menghindari hal tersebut, ulasan kali ini akan membahas tentang cara mengatasinya. Adapun masalah yang sering terjadi adalah sebagai berikut:

1.      AC tidak dapat dihidupkan. Ini adalah permasalah paling umum yang dialami oleh pengguna AC sentral. Apabila Anda sedang mengalaminya, cobalah periksa kabel penghubung. Colokan yang kendur karena tersentuh sesuatu atau bahkan robek dapat menjadi penyebab AC tidak dapat dihidupkan.

2.      AC hidup tapi tidak dingin. AC yang mengeluarkan udara yang tidak dingin akan membuat suasana menjadi tidak nyaman. AC tidak dingin dapat terjadi karena pengaturan suhu yang tidak benar. Pastikan pengaturan suhu sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika pengaturan suhu sudah benar tapi udara yang keluar tidak dingin, periksalah filter AC Anda. Filter yang kotor akan menghambat hembusan udara yang dikeluarkan sehingga udara tidak dapat dialirkan dengan sempurna. Segera bersihkan atau ganti filter AC Anda karena jika dibiarkan kotor akan menyebabkan kerusakan pada seluruh sistem. Periksa juga kondensor AC. Jika terdapat kotoran yang tidak terlalu tebal di bagian luarnya, bersihkan dengan perlahan sampai bersih. Namun, jika kotorannya tebal, segeralah panggil teknisi yang khusus menangani hal ini.

3.      Mengeluarkan suara yang mengganggu. Biasanya, AC sentral hanya mengeluarkan suara yang sangat halus saat pertama kali dinyalakan. Namun, jika suara yang dikeluarkan sangat bising dan mengganggu, itu merupakan pertanda adanya masalah pada AC. Semua jenis AC mempunyai kipas yang berfungsi meniupkan udara yang masuk melalui celah-celah koil pendingin supaya udara yang keluar menjadi dingin. Koil pendingin menyebarkan udara untuk menghalau panas di rumah Anda. Kipas ini sebenarnya tidak bising. Namun, jika kipas dalam keadaan kotor atau terdapat penumpukan kotoran, akan mengeluarkan suara yang bising. Penyebab lainnya adalah kipas rusak. Pertanda kipas harus segera diganti.

Pembahasan di atas adalah masalah-masalah umum yang sering terjadi pada pengguna AC. Sebagian ada yang mudah dikerjakan sendiri. Ada pula yang perlu penanganan khusus. Akan tetapi, jika Anda ragu, jangan mencoba mengatasi sendiri kerusakan yang serius. Akibatnya akan memperparah kerusakan. Panggilah teknisi yang dapat menanganinya supaya masalah cepat teratasi. Selalu rawat dan periksa AC Anda secara rutin. Semoga ulasan ini dapat memecahkan masalah Anda.

Artikel Terkait

3 Masalah AC Sentral dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email